5 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

by

Memiliki perangkat android lemot atau lelet dalam kinerjnya, tentu membuat anda menjadi geram, dan juga menjadi salah satu hal yang bisa menghambat kinerja anda. Mengingat peranan android ini, merupakan salah satu yang bisa memudahkan kinerja dan aktivitas anda, tentu saja, jika mendapati perangkat yang lelet atau lamban kinerjanya, bukanlah hal yang diinginkan.

Penyebab dari android yang lemot ini ternyata beragam, mulai dari beban memori dan RAM sudah terlalu banyak, hingga terlalu banyak perangkat menimbun chace didalamnya. Mengatasi android lemot, dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi sekalipun. Di playstore ini sendiri, anda bisa mendapati banyaknya aplikasi yang bisa membantu meningkatkan performa dan kinerja smartphone anda. Akan tetapi, dengan beberapa cara yang simple, anda bisa mengatasi android anda yang lemot, berikut ini adalah cara mengatasi android lemot tanpa bantuan aplikasi yang bisa anda coba.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

1. Jangan Bebani RAM

Melakukan multitasking nyaris bisa dibilang merupakan kebiasaan banyak orang di masa sekarang ini. Memang multitasking membuat kita bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus, namun kebiasaan ini sebaiknya jangan dibawa saat menggunakan smartphone. Membuka beberapa aplikasi sekaligus akan sangat membebani RAM dan berdampak pada performa ponsel Android menjadi lemot. Anda bisa melakukan perintah Clear Memory untuk membersihkan proses yang tidak diperlukan namun berjalan pada background.

2. Matikan Live Wallpaper

Secara umum, menginstal Live Wallpaper dapat mempercantik tampilan interface smartphone anda. Namun, dengan mengaktifkannya justru akan memperlambat kinerja ponsel pintar anda. Pasalnya, Live Wallpaper akan membuat animasi terus berjalan, dan ponsel akan dipaksa terus bekerja. Nah, dengan mematikan live wallpaper, anda dapat membuat pergerakan scroll pada desktop ponsel menjadi lebih ringan dan lancar.

3. Selalu Update Perangkat

Ada alasan di balik perilisan software update, salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan dari sebuah perangkat. Anda sebaiknya memeriksa keberadaan software update secara rutin. Masuk ke settings, diikuti About Phone, lalu pilih System Updates. Bila tersedia, jangan segan-segan untuk segera melakukan software update.

4. Jangan Menggunakan Animasi

Dengan menggunakan animasi memang membuat Android lebih terlihat indah, atau bahkan lebih terlihat canggih. Tapi dengan anda mematikan animasi, maka kinerja pada  RAM ponsel anda berkurang sehingga perpindahan menu ponsel anda akan terasa lebih cepat dan gesit. Masuk ke setting Developer options lalu matikan ketiga animasi Android yang digunakan oleh ponsel Anda

5. Kurangi Jumlah Widget 

Widget merupakan elemen atau bagian dari antarmuka grafis atau GUI, baik berupa kotak teks, tombol, dan sebagainya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat dikurangi atau ditambahkan oleh pengguna. Jika widget yang anda gunakan menyuguhkan informasi yang terus-menerus diupdate setiap saat, maka akan menyebabkan tambahan proses yang menyedot memori sehingga berimbas pada lambatnya kinerja.

Itu dia tadi cara mengatasi android yang lemot tanpa bantuan aplikasi manapun, semoga bermanfaat.