8 Jenis Kontainer yang Biasa Digunakan dalam Dunia Ekspedisi

by

Sebelum menentukan tarif, pihak penyedia jasa ekspedisi biasanya menanyakan perihal jenis barang yang ingin dikirim dan berapa banyak kuantitasnya. Terlebih lagi jika menyangkut kuantitas yang besar. Untuk kuantitas besar, biasanya digunakan kontainer-kontainer yang biasa dilihat di jalan.

Manifes atau informasi jenis barang tersebut diperlukan untuk menentukan jenis kontainer yang aman dan tepat untuk mengirim barang tersebut ke negara tujuan. Terlebih lagi, apabila barang yang ingin dikirim dalam jumlah yang besar. Pemilihan jenis kontainer yang tepat bisa membuat biaya menjadi lebih efisien dan aman, sehingga biaya pengiriman ekspedisi murah.

Dalam melakukan pengiriman, pahami terlebih dahulu jenis-jenis kontainer yang tepat untuk barang yang ingin dikirim. Apa sajakah jenis-jenis kontainer itu? Simak penjelasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Kontainer Berdasarkan Tipe Muatannya

1. Dry Container Standard

Dry container merupakan kontainer kering yang biasa kita lihat di jalan-jalan. Penggunaan kontainer kering ini atau dry container ini digunakan untuk muatan yang memiliki daya tahan yang lama di suhu ruang tanpa memerlukan perlakuan khusus. Biasanya digunakan untuk barang manufaktur dan bukan bahan pangan.

2. Refrigerated Container / Kontainer Reefer/ Kontainer Pendingin

Untuk mengirim barang dengan daya simpan yang singkat seperti perikanan dan pertanian diperlukan kontainer berpendingin ini. Tujuannya adalah menggunakan suhu rendah untuk mengawetkan barang tersebut. Tarif yang dibebankan untuk bisa menggunakan kontainer berpendingin ini lebih mahal karena perlu aliran listrik agar mesin pendinginnya bisa berjalan.

3. Flat Rack Container

Flat Rack container atau kontainer datar ini merupakan kontainer yang terbuka. Biasa digunakan untuk mengangkut barang yang memiliki dimesin besar, baik lebar maupun tingginya. Seperti alat-alat berat, mobil, dan truk. Flatrack container juga digunakan untuk mengangkut barang berat, seperti beton, gulungan kabel, dan lain sebagainya.

4. Open Top Container

Open top container merupakan kontainer yang hanya terbuka bagian atasnya saja. Biasanya digunakan untuk mengangkut bahan-bahan bangunan, seperti batu, pasir, dan lain-lain. Tujuannya agar barang bisa dimasukkan dengan dituang lewat atas. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengangkut barang yang tingginya melebihi dari tinggi kontainer pada umumnya.

5. Tank Container

Tank container digunakan untuk mengangkut barang yang bersifat ccair seperti minyak, air, cairan kimia, bahan bakar, dan barang cair lainnya. Penggunaan tank container haruslah hati-hati dan tidak boleh ada sedikitpun kebocoran pada tangki. 

6. Fantainer Container

Agar di dalam kontainer sirkulasi udaranya baik, diperlukan lubang untuk udara bisa masuk. Ini bisa didapatkan dengan menggunakan fantainer container yang memiliki lubang ventilasi sebagai jalan masuk udara. Barang yang biasa dimuat yaitu, barang yang tidak boleh berada pada keadaan lembab dan butuh udara yang cukup.

7. Hanger Container

Hanger container dari luar, sekilas mirip dry container. Hanya saja di dalamnya terdapat gantungan untuk menggantung barang-barang. Memang jenis kontainer ini jarang ditemui dan jarang digunakan. Ini digunakan untuk mengangkut barang yang harus digantung, seperti baju-baju yang mahal.

8. Bulk Container

Seperti namanya, bulk yang berarti curah, kontainer ini merupakan kontainer yang ditujukan untuk mengangkut barang-barang curah, seperti pasir, pakan, dan lain-lain. Juga bisa diperuntukkan untuk mengangkut bahan cair seperti minyak curah, dan sebagainya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kontainer yang digunakan dalam dunia logistik. Pemilihan kontainer yang tepat bisa membuat barang menjadi lebih aman dan menjadikan tarif ekspedisi murah. Diskusikan hal tersebut kepada penyedia jasa ekspedisi yang telah terpercaya seperti cargonesia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan pembaca dalam melakukan pengiriman barang dengan kontainer.

No More Posts Available.

No more pages to load.