Cara Tepat untuk Diet dengan Mengatur Pola Makan Sehat

by

Diet dilakukan banyak orang dengan berbagai tujuan pribadi. Ada yang bertujuan agar badannya lebih terlihat proporsional dan gagah. Adda yang bertujuan untuk mengurangi lemak agar lebih sehat, serta ada juga yang bertujuan untuk memadatkan tubuhnya yang dirasa terlalu kurus.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas diet, dua (2) di antaranya adalah olahraga dan mengatur pola makan. Kenapa harus mengatur pola makan? Karena apa yang kita konsumsi memengaruhi tubuh, baik dari sisi kesehatan organ dalam (kelancaran darah dan kesehatan jantung) maupun tampak luar (penampilan yang terkesan “lebih segar”).

Selain untuk meningkatkan efektivitas diet, pola makan sehat juga bertujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung, darah, otot, tulang, juga meningkatkan pola pikir agar lebih tajam, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, tidak semua orang paham cara menjalankan diet sehat. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya penelitian medis, buku, atau artikel di internet yang terus bermunculan dengan metode-metode baru dalam diet. Padahal diet sebenarnya sangat mudah jika sudah memahami dasarnya.

Menurut Harvard dalam web kesehatannya (https://www.health.harvard.edu/topics/healthy-eating) dasar-dasar dari diet sebenarnya sangat sederhana, meliputi :

  1. Pertama, fokus pada jenis makanan yang akan dikonsumsi. Fokus yang dimaksud adalah menyesuaikan makanan terhadap pola diet secara keseluruhan. Tidak hanya berfokus pada nutrisi individu seperti lemak, kolesterol makanan atau vitamin tertentu.
  2. Kedua, diet merupakan salah satu hal yang memberatkan jantung. Maka dari itu harus dibuatkan daftar singkat jenis-jenis makanan yang bisa meningkatkan efektvfitas diet dan tetap menyehatkan jantung agar mengurangi resiko penyakit jantung ketika melakukan diet.
  3. Ketiga, memperbanyak makan buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  4. Empat, kurangi makanan-makanan yang berlemak, berminyak, dan berbahan pengawet yang banyak. Seperti, susu murni, olahan susu yang mengandung banyak lemak, daging merah, biji-bijian dan gula yang berasal dari proses pabrik, serta minuman dan makanan yang terlalu manis.

Semoga artikel ini membantu proses menjalankan diet agar lebih mudah!