Mengenal Macam-Macam Jenis Kanopi yang Umum di Indonesia

by

Kanopi merupakan salah satu pelengkap dari rumah. Selain menambah keindahan, kanopi juga memiliki kegunaan dan fungsi, yaitu untuk melindungi dari panas dan hujan, sama layaknya atap rumah. Hanya saja kanopi terbuka pada sisinya. Kanopi ini sangatlah cocok dengan desain perumahan zaman sekarang yang kebanyakan tidak memiliki garasi untuk memaksimalkan penggunaan ruang.

Akibatnya kendaraan terpaksa harus diletakkan di halaman rumah. Dengan adanya kanopi, kendaraan tidak akan terkena panas terik dan hujan. Jadi, kalian akan lebih tenang jika meletakkan kendaraan di halaman rumah. Bagaiaman apakah kalian tertarik untuk memasang kanopi di rumah? Bagi yang berada di Jogja dan sekitarnya, jasa kanopi jogja bisa kalian cari dengan mudah.

Sebelum memasang kanopi di rumah, alangkah lebih bijak jika mengetahui jenis kanopi yang banyak di pakai di Indonesia. Sebab, beda jenis tentu berbeda kegunaannya pula. Kalian bisa menentukan kanopi mana yang cocok dengan kebutuhan kalian.

Jenis Kanopi yang Umum di Indonesia

Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis kanopi yang sering digunakan di Indonesia. Marilah simak tulisan di bawah ini.

1. Kanopi Kaca

Seperti namanya, kanopi ini beratapkan kaca tembus pandang. Jenis kanopi ini biasanya digunakan di hunian-hunian minimalis dan industrial karena desainnya yang simpel dan elegan. Dengan kanopi kaca ini, rumah akan terlihat lebih keren dan modern.

Meskipun begitu, karena material dasarnya kaca, kanopi jenis ini sangat rawan untuk pecah. Jadi harus diperlukan material kaca yang cukup tebal untuk menghindari adanya pecah. Selain itu, kanopi kaca juga harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak terlihat kusam.

2. Kanopi Polycarbonate

Jenis kanopi ini, hampir mirip dengan kaca, hanya berbeda sedikit. Kanopi ini sama-sama transparan dan tembuh sinar matahari. Dengan kanopi ini kalian masih bisa merasakan kehangatan sinar matahari. Jadi, cocok untuk diletakkan di ruang yang biasa digunakan untuk olahraga.

Untuk perawatannya, kanopi jenis ini cukup mudah dibersihkan. Hanya dengan menyemprotkan air sabun, kotoran akan hilang. Usahakan memiliki kanopi polycarbonate yang anti UV agar warnanya tidak berubah menjadi kuning.

3. Kanopi Spandek

Kanopi spandek merupakan kanopi yang berbahan dari beberapa logam yang dipadukan, yaitu seng, silikon, dan aluminium. Kanopi jenis ini dinilai lebih murah dibanding jenis kanopi  di atas. Namun, dari segi estetika kurang menarik jika dibandingkan 2 kanopi di atas.

Kanopi ini tahan terhadap korosi karena telah dipadukan. Kelemahan dari kanopi spandex ini adalah suhu ruangan di bawahnya menjadi lebih panas, karena sifat material logam yang sulit memantulkan panas. Jadi, kalian harus mempertimbangkan dengan baik risikonya.

4. Kanopi Alderon

Bahan dasarnya yakni Unplasticizide Polyvinyl Chlroride (uPVC). Kanopi jenis ini dinilai mampu mengurangi panas dari pancaran sinar matahari. Jadi, sangat cocok untuk kalian yang menginginkan hawa sejuk di bawah kanopi.

Kanopi alderon juga tahan terhadap korosi dan mampu meredam bising dengan cukup baik. Sehingga tidak begitu berisik saat turun hujan. Kanopi alderon juga tahan terhadap sinar UV dan lebih tahan lama.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kanopi yang umum di Indonesia. Semoga bisa membantu kalian untuk menentukan mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan juga untuk memilih orang atau pihak yang tepat dan berpengalaman dalam pemasangan kanopi. Agar hasilnya memuaskan dan pastinya aman. Jasa Las Jogja adalah rekomendasi terbaik untuk pemasangan kanopi dan juga menyediakan jasa pembuatan mezzanine bagi kalian yang ingin memiliki mezzanine di rumah.

No More Posts Available.

No more pages to load.