Pengertian dan Kisaran Harga Domain Berapa?

by

Membuat website membutuhkan domain dan pastinya ada banyak pertanyaan mengenai apa itu domain, fungsinya, hingga harga domain berapa? Harga domain sendiri bermacam-macam, ada yang murah ada pula yang mahal. Selain itu, menyewanya pun bisa dilakukan bulanan atau ada juga yang tahunan.

Dalam membeli domain pun kamu tidak bisa sembarangan, ada hal-hal yang seharusnya diperhatikan supaya tidak mengalami kesalahan. Khususnya bagi pemula yang masih baru terjun dalam dunia blogging. Apa saja yang harus diperhatikan ini??

  1. Cek Ketersediaan Domainnya

Mengecek ketersediaan domain adalah hal yang sangat penting, hal ini karena nama domain milikmu tidak boleh sama dengan milik orang lain. Kamu bisa terkena masalah jika hal itu terjadi, meskipun kamu membeli domain tersebut.

Ketersediaan nama domain ini pun bisa dicek dengan bantuan tools tertentu sehingga kamu bisa berpikir ulang sebelum benar-benar memakainya.

  1. Buat Dengan Sangat Unik

Nah, nama domain pun selain berbeda dengan milik orang lain, harus dibuat seunik mungkin. Jangan menggunakan karakter seperti tanda baca dan sejenisnya yang akan membuat pengunjung kesulitan mengingat nama domain website kamu.

Sebaiknya gunakan saja rangkaian huruf agar lebih gampang. Selain itu, menggunakan rangkaian huruf akan lebih mudah pengetikannya dan mengurangi kemungkinan typo daripada kamu menggunakan karakter tanda baca tertentu.

  1. Buat Sesingkat Mungkin

Nama domain sebisa mungkin buatlah lebih singkat dan jangan terlalu panjang, serta harus padat dan jelas. Selain itu harus pula mencerminkan isi dari website yang akan kamu kelola. Jadi jangan membuat nama domain atau nama web yang isinya tidak sesuai dengan nama tersebut.

  1. Perhatikan Ekstensi Domain

Tahukah kamu dengan apa itu ekstensi domain? Ekstensi ini merupakan akhiran yang berada di sebuah domain, misalnya saja .com, .co.id, .net, .asia, dan lain sebagainya. Kamu setidaknya harus menggunakan ekstensi yang gampang diingat dan pastinya umum dipakai oleh orang lain.

Contohnya saja untuk ekstensi yang paling banyak dipakai oleh blogger di luar sana adalah .com dan juga .co.id. Paling tidak kamu harus menggunakan ekstensi yang familiar ini terlebih dahulu misalkan untuk kebutuhan website toko online dan sejenisnya, barulah kemudian kamu bisa menyewa lagi domain yang lain jika dibutuhkan.

  1. Memilih Penyedia Domain yang Terpercaya

Kamu harus tahu bahwa penyedia domain di luar sana sangatlah banyak, sehingga jangan langsung tergiur dengan berbagai macam tawaran yang diberikan terlebih dahulu. Kamu harus memastikan jika penyedia domain tersebut telah terdaftar secara resmi di ICANN alias Internet Corporation for Assigned Names and Numbers.

Banyak blogger pemula di luar sana tertipu dengan adanya penyedia domain yang abal-abal ini. Sehingga paling tidak kamu harusnya mencari tahu dulu mana penyedia yang paling direkomendasikan dan namanya sudah terkenal di mana-mana. Penyedia yang sudah terpercaya biasanya bahkan memberikan layanan-layanan tertentu yang lebih baik dan memudahkan.

Jika ditanya tentang berapa harga domain, maka jawabannya beragam. Ada yang hanya puluhan ribu sebulan, ada juga yang sampai jutaan. Tentu semuanya ditentukan dari berbagai aspek, tentang murah mahalnya sebuah domain. Kadang para penyedia domain ini juga memberikan paket-paket harga yang bisa kamu coba. Kamu tidak perlu bertanya-tanya mengenai harga domain berapa? Karena biasanya para penyedia domain ini sudah memberikan keterangan yang jelas di web mereka. Kamu juga bisa

No More Posts Available.

No more pages to load.