Sebelum Melakukan Desain Interior Solo, Perhatikan Hal Penting Berikut

by

Desain interior solo modern sering menjadikan dapur menjadi sebuah centerpiece dari keseluruhan desain interior rumah yang ada. Tak heran banyak yang berlomba-lomba menciptakan dapur yang mengedepankan estetika saat dipandang.

Namun tetap memperhatikan sisi fungsionalitas yang khas dari dapur itu sendiri. Dari kedua hal tersebut, bisa didapat dapur yang nyaman dan tentu membuat penghuni bisa berkreasi sesuai yang mereka mau. 

Untuk mendesain dapur sebenarnya tidak sulit asalkan tahu langkah dan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Sayangnya, banyak yang justru meninggalkan hal tersebut.

Akhirnya, dapur impian yang diinginkan tidak dapat ia miliki. Agar kalian tidak mengalami hal yang seperti itu, tentu saja harus memperhatikan beberapa hal sebelum mendesain interior dapur. Berikut beberapa hal yang kami maksud :

  1. Utamakan Sirkulasi dan Ventilasi Udara

Sirkulasi dan juga ventilasi udara di dalam dapur menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya bagian tersebut membuat ruangan yang ada di dapur tetap sejuk dan berudara segar saat digunakan untuk memasak.

Tak hanya itu saja, sirkulasi dan juga bagian ventilasi udara juga membuat penghuni rumah tetap nyaman dan aman saat sedang beraktivitas. Ketika sedang memakai kompor maupun oven, asap panas dapat keluar lebih cepat di ventilasi udara.

Saat keadaan buruk seperti kebakaran, adanya ventilasi di jendela yang berukuran besar juga mengurangi risiko penghuni terjebak di dapur. Disarankan juga menambah alat penghisap atau cooker hood agar memaksimalkan kondisi udara yang ada di dapur.

  1. Gunakan aturan kitchen triangle

Sebelum beranjak ke urusan estetika desain di dalam interior dapur, pastikan tahu dan menerapkan aturan kitchen triangle yang kini banyak diterapkan di rumah modern. Bagi yang belum tahu, kitchen triangle mengatur tiga komponen utama yang harus ada di sebuah dapur rumah.

Komponen yang dimaksud adalah kompor, kulkas, dan juga bak cuci piring. Tak hanya memastikan  ketiga aturan tersebut ada saja, kamu juga harus menggunakan ketiga hal tersebut sebagai langkah strategis yang perlu diperhatikan lebih jauh.

Tujuannya supaya ketiga bagian penting tersebut tidak merusak gerak kalian ketika berada di dapur. Pastikan posisinya tidak terhalang perabotan ataupun benda di dapur lainnya.

Misalnya, letakkan bak cuci di countertop yang berada di bagian tengah dapur atau tepat membelakangi kompor supaya lebih mudah diakses saat ingin menggunakannya. Kemudian disarankan meletakkan kulkas di sisi kompor.

  1. Perhatikan ruang penyimpanan juga

Peralatan yang digunakan untuk memasak, makan, dan juga minum di dapur pastinya banyak jenis dan fungsinya. Jika semua peralatan tersebut tidak disimpan dengan baik pastinya akan membuat dapur menjadi berantakan.

Oleh karena itu, pastikan selalu memaksimalkan setiap ruang penyimpanan yang ada di dapur dengan baik. Tentunya juga harus menentukan sebaik-baiknya desain rak, desain laci, desain kabinet, dan juga desain lemari dapur yang akan digunakan.

Maksimal yang dimaksud disini adalah soal jumlah ruang yang digunakan untuk penyimpanan berbagai peralatan dapur yang akan dibuat di dapur. Misalnya, meletakkan tempat penyimpanan di sudut tengah bawah konter.

Begitu juga dengan kabinet dinding yang juga dapat ditempelkan sampai ke lambit dapur. Rak yabg terbuka dapat diletakkan di sisi tanpa ada tambahan furnitur lain. Hingga detail lain seperti tempat untuk meletakkan panci dan sebagainya.

  1. Perhatikan pilihan warna, material, dan juga dekorasi

Saat mendesain interior dapur, hal yang tak boleh dilupakan adalah visual dan estetika yang dibutuhkan di dalam dapur itu sendiri. Disini ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan.

Misalnya perpaduan warna yang tentunya harus disesuaikan dengan tema keseluruhan dapur yang ingin dibuat. Selanjutnya juga pemilihan material yang akan digunakan hingga bagian  dekorasi yang ingin diterapkan.

Bagi yang bingung untuk menentukan pilihan warna, pemilihan warna yang dipadukan dengan warna netral terang serta elemen alami seperti kayu berwarna muda menjadi tren saat ini.

Selain itu, juga bisa dikombinasikan dengan proses finishing kabinet serta lapisan marmer klasik di bagian atas konter yang nanti ingin digunakan.

Jangan lupa juga untuk menambah aspek dekorasi agar dapur tidak monoton. Pastikan kombinasinya dengan kitchen set solo juga sepadan.

No More Posts Available.

No more pages to load.