Sejarah dan Teknik Lari Halang Rintang

by

Lari merupakan cabang olahraga yang digemari oleh banyak orang. Hal tersebut terjadi karena lari merupakan olahraga yang sederhana, tidak ribet, dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan serta biaya. Manfaat dari olahraga lari juga sangat banyak, terutama untuk membakar kalori. Sebab ketika lari semua anggota tubuh ikut bergerak, terutama kaki.

Dalam perlombaan atau kejuaraan, lari memiliki cabang olahraga yang beragam dengan ketentuan yang berbeda-beda. Contohnya adalah lari marathon, lari estafet, dan lari cepat. Namun, tahukah kalian bahwa ada cabang olahraga lari lain yang diperlombakan? Salah satu cabang olahraga lari yang jarang diketahui publik adalah lari halang rintang.

Apakah lari halang rintang itu? Lari halang rintang atau steeple-chase merupakan lari yang dimodifikasi dengan rintangan yang harus dilompati. Rintangan tersebut berupa gawang dan air dengan gawang di depannya. Pelari harus melewati rintangan tersebut dengan sempurna.

Jarak yang harus ditempuh pelari dalam lari halang rintang yaitu 300 meter dan harus melewati gawang 28 buah dan rintangan air 7 buah. Oleh karena itu, pelari halang rintang harus memiliki fisik yang kuat, mampu melakukan lompatan yang baik, dan mampu mengatur ritme lari dengan tepat.

Sejarah Lari Halang Rintang atau Steeple-Chase

Asal mula olahraga lari halang rintang adalah para pelari dari Inggris yang berlomba untuk menuju ke kota lain dengan cara melompati sungai dan tembok-tembok yang tingginya rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lari halang rintang bisa kalian baca di Perpustakaan Online yang menyediakan berbagai macam informasi menarik.

Peralatan Lomba Lari Halang Rintang

Peralatan lari halang rintang ada 2, yaitu gawang dan bak berisi air.

  1. Gawang

Gawang atau penghalang untuk pelari pria memiliki tinggi 36 inchi atau setara dengan 91,4 cm. Sedangkan untuk pelari wanita tingginya 30 inchi atau setara dengan 76,2 cm. Para atlet harus melewati gawang ini yang berjumlah 28.

  1. Bak Air

Bak air yang harus dilewati pelari memiliki panjang 12 feet atau sekitar 3,66 m dengan kedalaman 70 cm. Jumlah bak air yang harus dilewati pelari yakni 7 buah.

Teknik Lari Halang Rintang

Yang harus pertama kali dikuasai yakni mampu melewati gawang dengan baik, baru setelah itu teknik melewati rintangan air. Untuk teknik melewati gawang terbagi menjadi 2, yaitu:

1. Seperti Lari Gawang

Cara ini mengharuskan pelari sudah terlatih dan memiliki fisik yang kuat untuk melewati gawang langsung tanpa menyentuh. Postur tubuh yang tinggi akan memudahkan menggunakan teknik ini. Syarat yang paling penting saat menggunakan teknik ini yaitu mampu menjaga keseimbangan dan mampu melanjutkan lari dengan cepat setelah mendarat.

Untuk mengawali tolakan, pelari harus menambah kecepatan lari agar bisa melompat dengan tinggi. Terkait pendaratan, bisa menggunakan kaki manapun, asal seimbang dan tidak mengurangi kecepatan.

2. Menginjak Kaki di Atas Gawang

Teknik ini biasa digunakan pelari yang masih pemula. Pelari pemula biasanya memiliki lompatan yang masih kurang baik, sehingga teknik ini akan sangat membantu. Selain itu, apabila pelari memiliki postur tubuh yang kurang tinggi, teknik ini sangat memudahkan.

Tidak perlu dilakukan tolakan kuat saat menggunakan teknik ini, asal kaki bisa menginjak bagian atas gawang. Pelari juga harus memperkirakan jarak pijakan dengan tepat agar tidak tersandung.

Untuk melewati rintangan air, sebenarnya teknik yang digunakan sama seperti melewati gawang. Namun, diperlukan tolakan yang lebih kuat untuk melewati bak air yang berjarak 3,66 meter dan melewati gawang di ujungnya. Untuk memudahkan, pelari bisa menggunakan teknik menginjak bagian atas gawang saat melewati rintangan air ini.

Itulah, pemaparan singkat terkait sejarah dan teknik lari halang rintang. Olahraga merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit dan bugar, juga untuk melatih kekuatan otot tubuh. Salah satu olahraga yang paling digemari adalah lari yang telah dijelaskan di atas.

No More Posts Available.

No more pages to load.